Thursday, September 20, 2018

Belajar Sejarah Lambang Negara


"Permisi, Mas. Saya mau nanya. Bisa mencontohkan musyawarah mufakat yang dimaksudkan sila ke-4 itu, Mas?" demikian salah satu pertanyaan yang disampaikan peserta kuliah umum Perancangan Lambang Negara Elang Rajawali Garuda Pancasila bagi sekira 110 mahasiswa semester perdana Jurusan DKV di Gedung Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung di bilangan Suci Bandung, Kamis, 20 September 2018, Pkl. 13.00-15.00WIB.

Kuliah umum itu, seperti dijelaskan salah satu dosen Jurusan DKV Ibu Sri Retnoningsih, merupakan bagian dari mata kuliah Wawasan Nusantara yang diperuntukkan untuk mahasiswa semester awal.

Ia melanjutkan, mahasiswa melalui acara ini diharapkan dapat mengetahui sejarah pembentukan lambang negara yang tidak terlepas dari penentuan makna-makna pada lambang Garuda Pancasila.

Hal itu dirasa penting, imbuhnya, bagi mahasiswa Jurusan DKV yang mempelajari logo, simbol, dan juga lambang. "Sebab itu, idealnya makna-makna dari lambang negara perlu mereka ketahui," tukasnya.

"Tak hanya itu, bahkan spirit yang terkandung di dalamnya seharusnya menjadi semangat dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia," pungkas Ibu Sri Retnoningsih.

No comments:

Post a Comment